Pages

Hello there!

Wednesday, July 31, 2013

Asuhan Persalinan Normal



Persalinan adalah suatu proses pengeluaran hasil konsepsi yang dapat hidup ke dunia luar, dari rahim melalui jalan lahir atau dengan jalan lain. Persalinan dianggap normal jika prosesnya terjadi pada usia kehamilan cukup bulan (setelah 37 minggu) tampa disertai adanya penyulit.
Tujuan asuhan persalinan adalah menjaga kelangsungan hidup dan memberikan derajat kesehatan yang tinggi bagi ibu dan bayinya. Melakukan intervensi seminimal mungkin agar prinsip keamanan dan kwalitas pelayanan dapat terjaga pada tingkat yang diinginkan sehingga dapat memuaskan ibu.
Rencana asuhan bagi ibu bersalin dikembangkan melalui kajian data, hal ini dilakukan untuk membuat ibu bersalin dapat di tangani secara baik dan melindunginya dari berbagai penyulit yang dapat mengganggu kualitas pelayanan, keamanan ibu ataupun mengancam keselamatan ibu dan bayi. Bila asuhan tidak membawa hasil seperti yang di harapkan maka sebaiknya di lakukan kajian ulang dan penyusunan kembali rencana asuhan hingga pada akhirnya dapat memberikan dampak seperti yang di harapkan.
Persalinan dimulai (Inpartu) pada saat uterus berkontraksi dan menyebabkan perubahan pada serviks (membuka dan menipis) dan berakhir dengan lahirnya plasenta secara lengkap. Proses persalinan terdiri empat kala, yaitu kala satu adalah mulai terjadinya kontraksi  uterus dan pembukaan serviks sehingga mencapai pembukaan lengkap (10cm). Kala dua adalah proses pengeluaran janin dari pembukaan lengkap dan berakhir dengan lahirnya bayi. Kala tiga adalah proses pengeluaran plasenta yang di mulai setelah bayi lahir dan berakhir ketika plasenta dan selaput ketuban lahir. Kala empat adalah pengawasan yang dilakukan selama dua jam pertama setelah lahirnya placenta.

0 comments:

Post a Comment