1. Pengertian
Matematika merupakan suatu bahan kajian
yang memiliki obyek abstrak dan dibangun melalui proses penalaran deduktif,
yaitu kebenaran suatu konsep diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran
sebelumnya sehingga keterkaitan dalam matematika bersifat sangat kuat dan jelas.
2. Fungsi dan Tujuan
Matematika berfungsi untuk mengembangkan
kemampuan bernalar melalui kegiatan penyelidikan, eksplorasi, dan eksperimen,
sebagai alat pemecahan masalah melalui pola pikir dan model matematika, serta
sebagai alat komunikasi melalui simbol, tabel, grafik, diagram, dalam
menjelaskan gagasan
Pembelajaran Matematika bertujuan melatih
cara berfikir dan bernalar, mengembangkan aktivitas kreatif, mengembangkan
kemampuan memecahkan masalah, dan mengembangkan kemampuan menyampaikan
informasi dan mengkomunikasikan gagasan
3. Pembelajaran
Pembelajaran Matematika
akan bermakna bagi siswa apabila mereka aktif dengan berbagai cara untuk
mengkonstruksi atau membangun sendiri pengetahuannya. Dengan demikian suatu
rumus, konsep, atau prinsip dalam matematika, seyogyanya ditemukan kembali oleh
siswa di bawah bimbingan guru. Secara khusus, pendekatan pemecahan masalah
merupakan fokus dalam pembelajaran matematika. Dalam setiap kesempatan,
pembelajaran matematika dimulai dengan pengenalan masalah yang sesuai dengan
situasi (cotextual problem).
4. Penilaian
Penilaian
yang dilakukan lebih berfokus pada penilaian berbasis kelas. Dalam merancang
penilaian, termasuk memilih teknik dan alat penilaian yang digunakan adalah penilaian
tertulis, penilaian kinerja, dan penilaian karya atau portofolio.
Standar Kompetensi
dirancang secara berdiversivikasi, untuk
melayani semua kelompok siswa (normal, sedang, tinggi). Kelompok normal adalah
kelompok yang memerlukan waktu belajar relatif lebih lama dari kelompok sedang,
sehingga perlu diberikan pelayanan dalam bentuk menambah waktu belajar atau
memberikan remediasi. Sedangkan kelompok tinggi adalah kelompok yang memiliki
kecepatan belajar lebih cepat dari kelompok sedang, sehingga guru dapat
memberikan pelayanan dalam bentuk
akselerasi (percepatan) belajar atau memberikan materi pengayaan.
Beberapa aspek penilaian sebagai berikut:
- Karya meliputi: garis bilangan, maket, model, peta, rumus, dan bangun ruang.
- Kinerja atau unjuk kerja meliputi: menghitung, menimbang, mengukur jarak, menafsir, mencatat data, dan membuat tabel, grafik, diagram.
- Perilaku: menunjukkan sifat teliti, menunjukkan sikap kritis, dan kebiasaan berfikir logis.
0 comments:
Post a Comment