Pages

Hello there!

Wednesday, January 30, 2013

T A W W A K K A L



3.1. Pengertian
          Tawwakkal adalah sikap berserah diri kepada Allah SWT setelah melakukan usaha secara maksimal. Perwujudannya adalah sikap menerima dengan iklas atas segala yang diberikan Allah SWT dari usaha yang dilakukan. Firman Allah SWT :


Artinya :
“ . . . dan hanya kepada Allah, hendaknya kamu bertawakkal jika kamu benar-benar orang beriman.” (Q.S. Al Maida, 5:23)

          Sikap tawwakkal menjad penting dalam kehidupan sehari-hari, karena akan membuahkan perilaku terpuji. Jika mendapatkan keberhasilan senantiasa bersyukur dan tidak sombong. Itu karena menyadari segala sesuatu yang terjadi merupakan kehendak Allah SWT yang terbaik bagi dirinya. Begitu pula sebaliknya, jika mengalami kegagalan senantiasa bersabar dan iklas. Ia tidak putus asa dan tidak menyalahkan orang lain. Ia tidak larut dalam kesedihan serta berusaha meningkatkan usahanya agar dapat meraih keberhasilan.
          Ingat, manusia tidak memiliki kewenangan untuk menentukan apa yang dikehendakinya. Segala yang terjadi merupakan kewenangan Allah SWT.
Firman Allah SWT :


Artinya :
Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri . . . “ (Q.S. Arra’du, 13:11)

          Tawwakkal adalah cara tebaik untuk menerima apa pun yang dikehendaki-Nya. Karena apa pun yang diberikan-Nya kepada kita senantiasa yang terbaik untuk diri kita.

3.2. Cara dan Fungsi Tawwakkal dalam Kehidupan
          Kecewa, marah, stress atau merasa batin tertekan, putus asa, rata-rata disebabkan oleh ketidak mampuan menghadapi kenyataan hidup. Karena harapan yang tidak sesuai dengan kenyataan, atau oleh karena mengalami kegagalan atas usaha yang dilakukan dan lain-lain.
          Obat paling mujarab mengatasi hal tersebut adalah “membiasakan diri bertawwakkal kepada Allah SWT.” Cara bertawwakkal dalam kehidupan sehari-hari anatara lain :
  1. merasa cukup terhadap apa yang didapat dan memiliki, dengab tetap menungkatkan usaha agar lebih baik
  2. membiasakan bersyukur kepada Allah SWT atas pemberian-nya
  3. mengawali pekerjaan dengan niat ibadah
  4. menyadari bahwa manusia memiliki benyak kekurangan
  5. menyerahkam sepenuhnya kepada keputusan Allah SWT, setelah melakukan ikhtiar/usaha
Fungsi tawwakkal antara lain :
  • dapat mengurangi tekanan batin/jiwa
  • terhindar dari rasa kecewa danstres berat
  • menjadi ringan dalam menjalani tugas-tugas

0 comments:

Post a Comment